BREAKING NEWS

Sat Lantas Polres Karo Sosialisasi Tata Tertib Berlalu Lintas di Sekolah

×

Sat Lantas Polres Karo Sosialisasi Tata Tertib Berlalu Lintas di Sekolah

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, KARO – Anak usia di bawah umur, berkendara hingga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas tidak hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi juga terjadi di beberapa daerah termasuk di Kabupaten Karo.

Sejauh pengamatan kita, pelajar bahkan yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, sudah diizinkan orang tuanya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Padahal, dari sisi usia dan kematangan pola pikir, mereka belumlah pantas untuk itu.

Untuk itu, peran Satuan Lalu Lintas sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembinaan dan penyuluhan agar bisa merubah mindset/pola pikir para pelajar yang mengutamakan keselamatan daripada kesenangan dan kebutuhan akan alat transportasi.

Berbicara soal penyuluhan, Satuan Lalu Lintas melalui program Polisi sahabat anak, Police Goes To School dan Police Goes To Campus, telah rutin turun ke sejumlah PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Karo mengajak mereka (pelajar/mahsiswa) untuk tertib berlalu lintas.

BACA JUGA:  Melalui Restorative Justice, Kejari Gayo Lues Hentikan Kasus Penganiayaan

Sebagai nara sumber dalam program tata tertib berlalu lintas tersebut, unit Dikyasa Sat Lantas berbicara tentang etika dan tata cara berlalu lintas di jalan raya mulai dari bagaimana cara berkendara yang aman, menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan kebut-kebutan.

“Kita sampaikan ke pelajar kalau belum punya SIM, jangan dulu bawa motor. Kadang ada siswa SMP yang membawa (motor) lalu dititipkan ke tetangga sekolah atau parkir umum, itu tidak boleh. Sebaiknya menggunakan transportasi umum, supaya terhindar dari laka lantas dan kena sanksi dari Kita ”kata Kasat Lantas AKP Bevan Raga Utama SIK melalui Briptu Firdaus Sembiring kepada wartawan pada hari Sabtu 10/09/2022 .

BACA JUGA:  Apri Budi Tidak Berhak Buat Dumas Bawa Nama Partai, Jaya Bakti: Dia Bukan Pengurus Partai Golkar

“Selain itu, kita juga sampaikan ke pelajar kalau diantar atau dijemput oleh orang tuanya menggunakan sepeda motor agar memakai helm SNI untuk melindungi dari benturan. Kalau sudah cukup umur, berkendara harus punya SIM, pakai helm dan tidak boleh kebut-kebutan”lanjut Firdaus Sembiring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *