BREAKING NEWS

KKSU Menjadi Wadah Dalam Mendukung Para Pelaku UMKM Untuk Bisa Terus Berkreasi dan Berkontribusi Kepada Bangsa

×

KKSU Menjadi Wadah Dalam Mendukung Para Pelaku UMKM Untuk Bisa Terus Berkreasi dan Berkontribusi Kepada Bangsa

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara berharap Karya Kreatif Sumatra Utara (KKSU) menjadi wadah dalam mendukung para pelaku UMKM untuk bisa terus berkreasi dan berkontribusi kepada bangsa.

Hal itu dikatakan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono didampingi Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi pada penyelenggaraan Karya Kreatif Sumatra Utara (KKSU) di Laguna Atrium, G Floor-Delipark Mall, Jumat (23/09/2022).

Acara KKSU untuk ini kali dengan tema “UMKM Sumatera Utara Bangkit Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”, berlangsung selama 3 hari dimulai 22-25 September 2022.

Dia menambahkan, kegiatan ini bertujuan mendorong transformasi UMKM 4.0 dengan digitalisasi  proses pembiayaan, pemasaran, maupun pembayaran yang sejalan dengan upaya Bank Indonesia dalam mendorong UMKM “naik kelas” dan turut berkontribusi terhadap perekonomian Nasional.

BACA JUGA:  Balai Kota Medan Fashion Festival & Drifting Meriahkan Bekraf

Apalagi, lanjutnya, Tren digitalisasi UMKM saat ini juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan makin dominannya interaksi merchant-platform-consumer. Hal tersebut, antara lain melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang mendukung transaksi UMKM yang semakin cepat dan efisien.

Langkah ini sebagai perwujudan implementasi digitalisasi sistem pembayaran dalam upaya memperluas akseptasi pembayaran di pusat perbelanjaan yang ada di tanah air.

Kehadiran Pilot Project Mall SIAP QRIS diharapkan mampu memperluas jangkauan transaksi digital hingga ke pusat perbelanjaan dan pada gilirannya mampu meningkatkan transaksi retail untuk mendukung pemulihan ekonomi Nasional.

Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) merupakan salah satu program yang dicanangkan untuk mendukung pelaku UMKM dalam memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi nasional. Program ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #diIndonesiaAja #(GBWI), serta program perluasan Merchant QRIS.

BACA JUGA:  Target 1,5 Juta Penonton F1 Powerboat untuk Promosikan Citra Pariwisata Danau Toba

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan launching Program Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai (SIAP) QRIS di Sumatera Utara. Program tersebut berkolaborasi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sumut dan 12 Pusat Perbelanjaan di Kota Medan.

Hadir pada acara itu, Sekda Provinsi Sumatera Utara  Arief Sudarto Trinugroho, Direktur Sistem Pembayaran BI Pusat Andiwiana S, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Yusup Ansori, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim dan para Kepala Perwakilan BI Se- Sumatera, para Konjen Negara sahabat seperti Singapura, Malaysia, India, RRC dan Amerika, serta pimpinan perbankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *