BREAKING NEWS

Imbas Drenase Tak Berfungsi, Jalan Yang Baru Diperbaiki Kembali Rusak Di Berastagi

×

Imbas Drenase Tak Berfungsi, Jalan Yang Baru Diperbaiki Kembali Rusak Di Berastagi

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, KARO – Lalu lintas pada jam-jam sibuk di Jalan Jamin Ginting tepatnya di antara Simpang Korpri dan Sp Ujung Aji Berastagi macet parah. Penyebabnya karena jalanan itu rusak parah dengan lubang bagaikan kubangan.

Pantauan wartawan di Jalan Jamin Ginting Sabtu menjelang malam 16/07/2022 , antrean kendaraan mengular sekitar 2 kilo meter. Kemacetan itu terjadi di sisi kiri jalan dari arah kota Berastagi menuju ke Kota Kabanjahe maupun sebaliknya.

Terpantau setiap kendaraan yang hendak melintas mau tak mau mengurangi kecepatan saat melalui kubangan jalan tersebut. Akibatnya, kendaraan lain yang menyusul dari belakang ikut terhambat dan membuat kemacetan terus bertambah.

Belum lagi ketika ada pengendara yang terjebak di kubangan jalan. Otomatis kendaraan lain wajib menunggu sampai kendaraan itu berhasil lolos dari jebakan lubang yang cukup dalam.

“Kalau di sini seandainya tidak ada lubang, lancar tapi padat. Ketika ada lubang, terjadi perlambatan yang panjang,” kata warga sekitar, Ramlan Perangin-angin yang terjebak macet di sekitar jalan rusak .

BACA JUGA:  Bupati Karo Cory Sebayang Koreksi Proyek Pembangunan Trotoar

Menurutnya, kondisi arus lalu lintas di Jalan Jamin Ginting memang kerap macet. Namun kondisinya semakin parah ketika kubangan-kubangan jalan terus bertambah seiring dibiarkan rusak.

“Jam 15 .00 sampai jam 19.00 biasanya sudah mulai begini (padat). Di Pajak Roga berlubang tidak berlubang (jalanan) memang sudah padat setiap sore. Ditambah di sini,” ucapnya.

Ramlan menambahkan kondisi jalan yang rusak parah ini sudah terjadi sejak tahun lalu. Namun memang, kemarin sudah ada juga perbaikan dari BBPJN Propinsi , tapi tak sampai seumur jagung pun , jalan ini kembali rusak .

Padahal diberitakan sebelumnya, salah seorang warga yang tinggal di sekitar jalan rusak itu, Anwar Sembiring mengeluh karena belum juga ada perhatian pemerintah. Padahal jalan ini menjadi salah satu poros utama lintas Kabupaten Karo – Kota Medan dan Propinsi Aceh Tenggara .

BACA JUGA:  Gerak Cepat Polsek Medan Timur Ciduk Pelaku Pembunuhan

“Berapa kali orang jatuh. Tadi malam ada lagi. Dalam sekali di situ (lubangnya),” ujar Anwar menunjuk jalan dan salah satu lubang yang berada di Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo itu.

Tidak hanya sepeda motor, mobil sekalipun juga kerap menjadi korban jalan rusak di Jalan Jamin Ginting . Paling sering terjadi ialah ban atau bumper depan mobil tersangkut di bibir aspal yang berlubang.

“Tadi malam itu mobil sedan diangkat karena masuk di lobang. Tidak bisa naik. Diangkat ramai-ramai (oleh warga dan pengendara yang melintas),” kata dia.

Anwar menambahkan , kalau pun diperbaiki nanti , cari dulu solusinya pembuangan air limbah yang datang dari arah Berastagi, karena dugaan saya maka cepat kali rusak jalan ini walapun baru di perbaiki, karena air itu tidak mengalir ke jurang sana , air itu mengalir ke badan jalan ini , ya tetap rusaklah ,” ucap Anwar .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *