BREAKING NEWS

Babinsa Koramil 08/LB Rutin Cek Dan Periksa Hewan Ternak Sapi Guna Cegah PMK

×

Babinsa Koramil 08/LB Rutin Cek Dan Periksa Hewan Ternak Sapi Guna Cegah PMK

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com , KARO – Babinsa Koramil 08/LB Kodim 0205/TK Serda Heru Suranto dan PPL melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik Nerwan Sebayang yang mempunyai 4 ekor ternak sapi di Desa Gunung Kecamatan Tigabinanga Kabupaten Karo untuk mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) , Minggu 17/07 .

Berdasarkan hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi milik Sebayang tersebut semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK.

Babinsa menghimbau kepada kelompok ternak agar melakukan pencegahan dengan menjaga sanitasi kandang atau pembersihan kandang dengan penyemprotan disenfektan atau deterjen dan apabila ada ternak panas, nafsu makan turun, malas berdiri, mulut berbusa, luka pada mulut segera menghubungi petugas untuk penanggulangan secara cepat agar penyebaran tidak semakin meluas.

BACA JUGA:  Kasus Pembunuhan di Medan Tuntungan: Sakit Hati Akibat Chat Tak Bermoral, Pria Tewas Ditikam

Komandan Kodim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga mengatakan pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan Babinsa untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak sapi.

” Kami kerahkan para Babinsa diwilayah kita untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK,” katanya.

Dandim juga mengimbau kepada warga maupun kelompok peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi dari wilayah lain.

Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).

BACA JUGA:  Tim Tabur Kejati Sumut Amankan DPO Terpidana Syamsuri Terkait Kasus Penggelapan Uang Senilai Rp3 M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *