TNI POLRI

Warga Desa Sukanalu Apresiasi Polres Tanah Karo Dalam Penanganan Perkara Dengan Restorative Justice

527
×

Warga Desa Sukanalu Apresiasi Polres Tanah Karo Dalam Penanganan Perkara Dengan Restorative Justice

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, KARO – Polsek Barusjahe menyelesaikan perkara kasus Tindak Pidana Penganiayaan secara Restoratif Justice. Peristiwa pidana dialami korban sekaligus pelapor Kimon Pranata (24), warga Gg. Keluarga Dusun VI Kel. Sumber Mufakat Kec. Kabanjahe Kab. Karo yang terjadi hari Selasa, Tanggal 27 September 2022, di Dusun Desa Sukanalu Kec.Barusjahe Kab. Karo yang dilakukan Aidil Ambara Dkk (27.), warga Desa Raya Dusun IV Kec. Berastagi Kab. Karo.

Penyelesaian perkara, dilaksanakan di Ruangan SPKT Polsek Barusjahe Rabu (28/09), pagi tadi.

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Barusjahe Iptu Zoger Padang didampingi Kasi Humas Iptu M Sahril , restorative justice dilakukan berdasarkan perdamaian yang telah terjadi secara musyawarah dan kekeluargaan antara pelaku dengan korban.

BACA JUGA:  Hadiri Pengukuhan Paskibraka, Dandim 0205/TK dan Forkopimda Ikut Pasangkan Atribut

“Sudah kita mediasi kedua belah pihak dan keduanya sepakat melakukan perdamaian secara keadilan restoratif”, lanjutnya.

Lanjut lagi, perdamaian dilakukan sesuai Peraturan Kepolisian No. 08 Tahun 2021, tentang Penanganan Tindak Pidana berdasarkan Keadilan Restoratif yang merupakan Progran dari Kepolisian Negara RI dalam Penanganan Penyelesaian Kasus secara Restoratif Justice, yang dicanangkan Bapak Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M. Si.

Penyelesaian perkara dilaksanakan melalui Gelar Perkara yang dipimpin Kapolsek Barusjahe yang juga dihadiri dari kedua belah pihak dan keluarganya serta di hadiri Kadus Sukanalu Zulhefni Sitepu.

Pelaku mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan menggulangi perbuatannya dan korban sepakat berdamai secara kekeluargaan serta tidak ingin melanjutkannya ke jalur hukum. Keduanya juga membuat surat perdamaian dan surat pernyataan terkait restorative justice.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil 03/Berastagi Bantu Seberangkan Anak Sekolah Sebagai Salah Satu Giat Binter

Pelaku dan Korban juga telah membuat Surat Permohonan Pencabutan Perkara / Laporan Pengaduannya ke Polsek Barusjahe, ujar Kasi Humas Polres Tanah Karo.

Kadus Sukanalu saat proses mediasi, menyampaikan apresiasi kepada aparat kepolisian yang telah memfasilitasi kedua belah pihak untuk menyelesaikan perkara ini.

“Terimakasih kepada Polres Tanah Karo dalam hal ini Polsek Barusjahe yang telah memfasilitasi penyelesaian permasalahan melalui Restorative Justice,” tuturnya.

Hal serupa dikatakan kedua belah pihak yang telah berdamai, keduanya mengucapkan terimakasih atas fasilitas dan mediasi yang dilaksanakan Polsek Barusjahe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *