NASIONAL

Semarakkan Harhubnas 2024, Dishub Sumut Gelar Fun Walk 4K dan Rakornis FLLAJ di Balige

×

Semarakkan Harhubnas 2024, Dishub Sumut Gelar Fun Walk 4K dan Rakornis FLLAJ di Balige

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com | MEDAN, – Dalam rangka menyemarakkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024, Dishub Sumut akan menggelar acara Fun Walk (Jalan Santai) sepanjang 4,2 Km dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Forum Lalu lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) di Balige, Toba pada 24-26 Oktober 2024.

Acara Fun Walk ini akan diawali dengan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat, khususnya para pelajar setingkat SMP dan SMP yang ada di wilayah Kabupaten Toba.

Kadishub Sumut, Dr. Agustinus Panjaitan mengungkapkan, kegiatan Fun Walk ini akan dimulai dengan sosialisasi dan edukasi keselamatan berlalu lintas kepada ratusan para pelajar di Toba. Sosialisasi dan edukasi ini penting mengingat tingginya angka kecelakaan lalu-lintas di Sumatra Utara.

Berdasarkan data dari Direktorat Lalulintas Polda Sumut dan Polres Jajaran, pada September 2024,tercatat 7.843 pelanggaran lalu lintas. Sementara itu, sepanjang Januari hingga September 2024, terdapat 5.138 kasus kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa serta menyebabkan kerugian materil yang signifikan.

BACA JUGA:  Dishub Sumut Imbau Operator Angkutan Perhatikan Jam Kerja Pengemudi Selama Arus Balik Mudik

Usai sosialisasi, dilanjutkan dengan Rakornis dengan FLLAJ. Puncak acara adalah Fun Walk yang melibatkan unsur Forkopimda Toba, Mitra kerja Dishub Sumut dan ratusan pelajar.

“Selain menjaga kebugaran tubuh, acara jalan santai ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahim dengan masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas bagi para pelajar,” ujar Agustinus, Jumat (18/10/2024).

Rute Fun Walk akan dimulai dari Venue Bontean di Pelabuhan Balige di Jalan Mulia Raja, melintasi Jalan Sibola Hotang, Desa Lumban Bulbul, tembus keJalan Raya Lintas Sumatra, lanjut Jembatan Balige, terus ke Bundaran DI Panjaitan, dan berakhir (finish) di Venue F1H20 atau Bontean/Pelabuhan Balige.

Selain itu, untuk menyemarakkan acara, Dishub Sumut juga membagikan kupon lucky draw, menggelar fun games, pemberian Piagam Penghargaan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota dan Mitra Kerja yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk Wilayah Sumut. Berbagai hadiah menarik disiapkan untuk undian lucky draw.

BACA JUGA:  Tekan Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, Dishub Sumut Gelar Sosialisasi kepada Pelajar SMK Sederajat

“Acara ini diharapkan tidak hanya memperingati Harhubnas, tetapi juga menjadi momen kebersamaan sekaligus edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya tertib berlalu lintas,” pungkas Agustinus yang juga menjabat sebagai Pjs Bupati Toba itu. (*)