BREAKING NEWS

Dikunjungi Forwakum Sumut, Karutan Medan Nimrot Sihotang: Warga Binaan Diupayakan Punya Skill

×

Dikunjungi Forwakum Sumut, Karutan Medan Nimrot Sihotang: Warga Binaan Diupayakan Punya Skill

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com – Ibarat ‘ilmu padi’, begitulah yang terungkap dari sosok Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Klas 1 Medan, Nimrot Sihotang Amd IP SH, saat dikunjungi wartawan tergabung dalam Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) saat bincang-bincang selamat kurang lebih 1,5 jam di rutan tersebut, Selasa (13/12/2022) sore.

“Saya ibaratnya cuma bintara. Sepengetahuan Saya baru ini Karutannya di Medan usia 39 tahun,” kata pria yang mempersunting beru Ginting itu.

Menurut pria kelahiran 18 Oktober 1983 di Kecamatan Toba Samosir (Tobasa) itu, hampir di semua rutan maupun lembaga pemasyarakatan (lapas) memiliki permasalahan klasik yaitu overkapasitas warga binaan.

Kondisi serupa juga terjadi di Rutan Klas 1 Medan yakni kurang lebih 3.662 warga binaan dengan komposisi 204 pegawai.

Hal itu juga sekaligus sebagai tantangan bagi dirinya melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas pembinaan yang dewasa ini berorientasi pada asas hak asasi manusia (HAM).

BACA JUGA:  Ketua DPRD Siantar : Bane Raja Manalu Sosok Inspiratif

“Lewat pemberitaan rekan-rekan media Saya titip pesan agar keluarga binaan tidak langsung percaya bila ada anggota keluarganya di Rutan Medan meminta-minta dikirimkan uang makan. Kami pastikan memberikan yang terbaik untuk makanan warga binaan. Lebih baik misalnya uang makan itu ditabung dan ketika anggota keluarganya bebas karena telah menjalani masa hukuman bisa diberikan modal usaha misalnya,” sambung alumni SD Negeri 175833 Pardomuan 1, Kecamatan Pangururan itu.

“Bila tidak ada halangan, terobosan yang pernah Saya buat sewaktu di Rutan Klas 1 Labuhan Deli. Kita melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pertanian Sumut. Setelah kita tanya ke Badan Pusat Statistik (BPS) dalam beberapa tahun ke depan, tenaga pertanian kurang diminati kaum milenial. Itu data BPS. Bukan kata Saya. Jadi beberapa warga binaan di sana usai menjalani hukuman ada yang punya skill bertani, reparasi AC, kulkas dan lainnya,” katanya.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Polsek Tuntungan Gotong Royong di Kelurahan Kemenangan Tani

Dalam waktu dekat, mantan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Klas IIA Batam 2012 tersebut akan melakukan MoU dengan beberapa instansi terkait agar warga binaan yang berminat diberikan pelatihan agar nantinya memiliki skill ketika kembali berbaur di tengah-tengah masyarakat.

“Satu lagi perlu ditegaskan bahwa tugas pemasyarakatan juga merupakan tanggung jawab kita bersama, termasuk keluarga warga binaan,” pungkas pria berkacamata itu.

Turut hadir dalam silaturahmi Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution, Sekretaris Ansah Tarigan, anggota dan unsur penasihat. (*)