NUSANTARA

Tekan Perkembang Biakan Nyamuk DBD Dinkes PALI Sebat Bubuk Abate ke-Masyarakat

×

Tekan Perkembang Biakan Nyamuk DBD Dinkes PALI Sebat Bubuk Abate ke-Masyarakat

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, PALI |

Banyaknya genangan air di sekitaran rumah warga yang diakibatkan curah hujan tinggi, menjadi tempat ideal perkembang biak nyamuk berbahaya pembawa virus

Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatra Selatan tekan Perkembang biakannya dengan membagikan bubuk Abate ke masyarakat.

Bagi-bagi bubuk Abate tersebut Dinkes PALI berkeliling ke tempat berkumpulnya masyarakat, seperti di Simpang Lima Pendopo, Terminal dan Pasar Inpres Pendopo yang dilakukan kemarin, 25 Februari 2024.

Dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI, Birman Alamsyah bahwa aksi tersebut untuk menekan berkembang biaknya nyamuk penyebar penyakit demam berdarah.

“Musim penghujan biasanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat akibat nyamuk penyebar penyakit tersebut menyebar ditempat favorit mereka yakni pada genangan air,” ujar Birman, Senin 26 Februari 2024.

BACA JUGA:  Respon Cepat Arahan Dirjenpas, Lapas kelas II A Labuhan Ruku Gelar Razia Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan

Untuk itu, Birman menginstruksikan jajarannya agar turun ke lapangan membagikan bubuk abate untuk ditaburkan pada tempat atau bak penampungan air.

“Bubuk abate ini menekan pertumbuhan nyamuk dengan memutus perkembangannya pada genangan air, kami sasar tempat warga mengumpul untuk ditabur di bak penampungan air,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Birman menghimbau warga PALI agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi sarangnya nyamuk serta hindari terkena gigitan nyamuk kemudian terapkan pola hidup 3M.

“Bersihkan secara berkala saluran air atau drainase agar tidak ada genangan air, buang sampah pada tempatnya serta kubur sampah yang berpotensi menjadi genangan air seperti botol bekas, kaleng dan lainnya juga rajin menguras bak mandi,” saran Birman.

BACA JUGA:  Tinjau Revitalisasi Terminal Tipe A Amplas Bersama Menhub, Bobby Nasution Harap Akhir 2022 Beroperasi

Dengan adanya aksi bagi-bagi bubuk abate serta himbauan penerapan pola 3M, Birman berharap kasus DBD di kabupaten PALI bisa ditekan.

“Harapan kami tentu bisa ditekan dan apabila terjadi kasus DBD, kami langsung ke lapangan melakukan fogging agar tidak menyebar”.