NASIONALTNI POLRI

Masyarakat Kabupaten Karo Pertanyakan Bangunan Gedung Samsat Kabanjahe Yang Diduga Mangkrak

×

Masyarakat Kabupaten Karo Pertanyakan Bangunan Gedung Samsat Kabanjahe Yang Diduga Mangkrak

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, KARO [ Masyarakat Kabupaten Karo pertanyakan dengan mangkraknya bangunan Gedung Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Jalan Jamin Ginting Desa Sumbul Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo

Sedianya, di pertengahan tahun 2023 bangunan Gedung Samsat tersebut dapat memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung baru.

Faktanya, pembangunan Gedung Kantor Samsat Kabupaten Karo yang dibangun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tersebut tidak terselesaikan dengan kondisi berantakan. Informasi yang didapat, tercatat bangunan gedung samsat Kabanjahe dengan nilai kontrak ratusan juta rupiah bahkan sampai miliaran.

Banyak masyarakat yang menyayangkan kondisi bangunan Gedung Samsat tersebut, diantaranya yang dikemukakan oleh Hamid Ginting yang mengaku tinggal di daerah Kecamatan Kabanjahe. “Sebagai masyarakat Kabupaten Karo, kami sangat prihatin dengan mangkraknya bangunan Gedung Samsat itu . Jika dilihat, bangunan sangat berantakan dan kualitasnya juga dipertanyakan, ” kata dia, Selasa 27/2.

BACA JUGA:  Polres Sergai Kembali Razia Tempat Hiburan Malam dan Hotel, Seorang Pria Diamankan

Diterangkan, bangunan Gedung Samsat tersebut terdiri dari dua bangunan utama yakni Kantor Samsat dan Rumah dinas.
“Sepertinya, ada dua bangunan yang kami lihat. Pertama gedung samsat dan dibelakangnya seperti rumah mungkin rumah dinas. Kalau sudah jadi mah kayaknya bagus, tapi sayangnya duit ratusan juta bahkan milyaran hanya dibuang sia-sia begitu. Aparat penegak hukum harus segera turun menyelidikinya, ” terang dia.

Menindaklanjuti keluhan masyarakat, awak media mencoba mengkonfirmasi ke KUPT Samsat Kabanjahe, P Hutabarat.
Meski sudah dikonfirmasi dikantornya bahkan melalui pesan Whatsappnya pun , pejabat yang berwenang di UPT Samsat tersebut tidak menjawab. “Coba besok pagi, siapa tau dia datang. Biasanya dia datang terus kok, mungkin pas ke sini dia sedang keluar jadi tidak ketemu. Saya tidak punya nomor kontaknya, Bang, ” ujar orang yang mengaku kerja di Upt Samsat tersebut.

BACA JUGA:  Ribuan Paket Sembako dari Kapolri Disebar ke Masyarakat di Slum Area Jaksel

Terpantau dilapangan, kondisi bangunan Gedung Samsat Kabupaten Karo sangat mengenaskan dan berantakan. Dinding dan ruangan terlihat kotor serta sudah ada bagian yang rusak. Jika malam hari sangat gelap, karena listrik juga belum terpasang. Kabel instalasi listrik terlihat belum tersambung serta berantakan.

Ditempat terpisah, Ketika dikonfirmasi wartawan, Kanit Regidend Ipda Sastra Sembiring mengatakan, kita tunggu dari Dinas Pendapatan Propinsi Sumatra Utara ya,” ucapnya Sastra Sembiring dengan singkat. [ Surbakti ]