NUSANTARATNI POLRI

Pj Bupati Bener Meriah Buka Kegiatan TMMD Ke-121 di Syiah Utama

×

Pj Bupati Bener Meriah Buka Kegiatan TMMD Ke-121 di Syiah Utama

Sebarkan artikel ini

Bener Meriah – Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Ir. Mohd. Tanwier, MM memimpin upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-121 Tahun Anggaran 2024 di Lapangan Samarkilang, Kecamatan Syiah Utama, pada Rabu (24/7/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ir. Tanwier menyampaikan bahwa TMMD yang berpusat di Kampung Blang Panu, Kecamatan Syiah Utama ini adalah momentum penting untuk membangun semangat kolaborasi antara pemerintah daerah, TNI/Polri, dan masyarakat.

“TMMD ini merupakan momentum bagi kita semua untuk menyatukan karya dan karsa dalam wujud nyata. Selama 30 hari ke depan, kita akan mengikat semangat kolaborasi yang sinergi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu mobilisasi sektor pertanian di wilayah tersebut dan memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan seperti stunting, kemiskinan, dan TBC.

BACA JUGA:  Satgas Yonif 122/TS Pos Pitewi Berikan Sosialisasi Penghijauan Kepada Anak-anak Sejak di Bangku SD YPPK Pikere Papua

“Kami berharap seluruh desa di Bener Meriah bisa mandiri dan maju, masyarakatnya sejahtera, dan infrastrukturnya semakin memadai. Program TMMD ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti kemiskinan, stunting, dan tuberculosis (TBC),” kata Ir. Tanwier.

Selain meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian yang potensial, Ir. Tanwier juga menekankan pentingnya sinergi dalam program fisik dan non-fisik TMMD untuk mencapai tujuan tersebut.

“Melalui Program TMMD Ke-121 tahun ini, diharapkan mobilisasi pertanian akan lebih lancar, yang pada gilirannya akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Setelah upacara, Ir. Tanwier bersama unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, Pj. Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta para kepala OPD di lingkungan Kabupaten Bener Meriah, melakukan peninjauan lokasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sumur bor, lokasi penghijauan, serta titik nol pembersihan dan pembukaan jalan.

BACA JUGA:  Ribuan Masyarakat Surabaya Tumpah Ruah Sambut Kirab GS Gita Jala Taruna AAL

Kegiatan TMMD Ke-121 di Kabupaten Bener Meriah melibatkan sekitar 150 personel dari berbagai satuan, termasuk Kodim 0119/BM, ZENI, TNI-AL, TNI-AU, Polri, Batalyon 113, Kavaleri, Arhanud, serta tim penyuluh dan teknis.

Sasaran fisik kegiatan ini meliputi pembersihan jalan sepanjang 6.000 meter, pembukaan jalan sepanjang 2.800 meter dengan lebar 4 meter, pembuatan satu unit jembatan, dan renovasi satu unit RTLH.

Selain itu, sasaran non-fisik mencakup penyuluhan pertanian, kesehatan, bahaya narkoba, hukum/kamtibmas, dan wawasan kebangsaan.

Sasaran tambahan meliputi penghijauan, ketahanan pangan, pipanisasi, pemberian gizi untuk stunting, rehabilitasi MCK, pembuatan sumur bor, dan pembersihan lingkungan.

Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi, diharapkan TMMD Ke-121 ini dapat membawa perubahan positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bener Meriah.