NASIONAL

Pentingnya Menjaga Aturan di Tanah Suci: Panduan Bagi Jemaah Haji Indonesia

×

Pentingnya Menjaga Aturan di Tanah Suci: Panduan Bagi Jemaah Haji Indonesia

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, JAKARTA |

Pernah mendengar peribahasa “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”? Peribahasa ini mengajarkan kita bahwa setiap tempat memiliki adat dan aturan yang berbeda.

Dalam konteks ibadah haji, pemahaman ini sangat penting bagi jemaah Indonesia yang akan berada di Tanah Suci selama kurang lebih 40 hari.

Dilansir laman web kemenag.go.id. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan ibadah berjalan lancar dan terhindar dari masalah:

1. Tidak Membentangkan Spanduk
Di Indonesia, berfoto dengan spanduk kelompok sering dilakukan. Namun, di Arab Saudi, membentangkan spanduk atau bendera, termasuk bendera Merah Putih, di kawasan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi sangat dilarang. Pelanggaran ini bisa membuat jemaah berurusan dengan pihak keamanan Saudi.

2. Hindari Berkerumun Lebih dari Lima Orang
Arab Saudi memiliki aturan ketat tentang kerumunan. Jemaah yang berkerumun lebih dari lima orang untuk waktu yang lama akan diusir oleh askar masjid.

BACA JUGA:  Bersihnya Area Pelayanan mutasi Masuk/Keluar dan BBN-KB di Gedung BPKB Ditlantas Polda Jabar

Kerumunan bisa menghambat pergerakan dan menimbulkan kecurigaan. Jika perlu berkumpul, lakukan di luar kompleks masjid dan tetap bergerak.

3. Jangan Mengambil Barang Temuan
Mengambil barang yang tergeletak, meskipun berniat baik, bisa dianggap mencuri. Jika menemukan barang tercecer, segera laporkan kepada petugas terdekat. CCTV yang banyak terpasang akan memantau setiap gerakan jemaah.

4. Hindari Membuat Video dengan Durasi Panjang
Otoritas Saudi cukup longgar dalam hal pembuatan rekaman video atau audio. Namun, pengambilan video yang lama dan statis, terutama dengan peralatan pendukung, dapat menimbulkan kecurigaan. Petugas akan menahan kamera dan menghapus rekaman jika melanggar aturan.

5. Dilarang Merokok di Kawasan Masjid
Merokok di kawasan masjid sangat dilarang. Jemaah yang merokok di area ini akan diingatkan, dan jika berhadapan dengan petugas yang tegas, bisa dikenakan sanksi. Sebaiknya merokok dilakukan jauh dari kawasan masjid.

BACA JUGA:  Wakapolri Ungkap Pentingnya Cooling System Jelang Pemilu 2024

6. Jaga Kebersihan, Jangan Buang Sampah Sembarangan
Kebersihan di kawasan masjid sangat dijaga. Banyak kotak sampah tersedia di berbagai sudut masjid. Jemaah diharapkan membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak menemukan tempat sampah, simpan sementara sampah di tas. CCTV akan memantau, dan jemaah yang kedapatan mengotori masjid akan ditahan untuk diperiksa.

Dengan memperhatikan dan mematuhi aturan-aturan tersebut, jemaah haji Indonesia dapat menjalani ibadah dengan tenang dan khusyuk tanpa terganggu oleh masalah-masalah yang tidak perlu. (*/Son)