NASIONAL

Fasilitas Gratis! Puskesmas di Kabupaten Mamuju Sediakan Rumah Tunggu Kelahiran untuk Ibu Hamil

×

Fasilitas Gratis! Puskesmas di Kabupaten Mamuju Sediakan Rumah Tunggu Kelahiran untuk Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, SULBAR |

Pemerintah kabupaten Mamuju telah menyiapkan rumah tunggu kelahiran di 23 puskesmas yang ada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Mamuju, Dewi Sundari mengatakan bahwa rumah tunggu kelahiran tersebut dibangun untuk membantu warga yang rumahnya jauh dari fasilitas kesehatan.

“Ibu hamil dan pendamping bisa menggunakan fasilitas tersebut, sebab layanan itu disediakan secara cuma-cuma alias gratis. Ini merupakan upaya antisipasi bagi warga kurang mampu. Biasanya, mereka tidak memiliki kendaraan, tidak memiliki uang untuk biaya di sana, dan rumahnya jauh, sehingga pemerintah kabupaten Mamuju membuat rumah tunggu kelahiran itu,” kata Dewi Sundari, Kamis (11/5/2023).

Dia menjelaskan bahwa sejumlah fasilitas penunjang disediakan di rumah tunggu tersebut, seperti tempat tidur, toilet dan kamar mandi, serta dapur. Mereka juga akan dilayani oleh petugas kesehatan selama di sana.

BACA JUGA:  Pj Gubernur dan Bupati Mamuju Ajak ASN Menjadi Orang Tua Asuh Stunting

“Makan mereka pun ditanggung selama mereka tinggal di rumah tunggu kelahiran itu,” tambahnya.

Saat ini, semua puskesmas di Kabupaten Mamuju telah memiliki rumah tunggu kelahiran tersebut. Oleh karena itu, dia meminta warga untuk memanfaatkan fasilitas itu agar bisa melalui proses persalinan dengan aman dan nyaman.

“Karena semua gratis, semua ditanggung puskesmas,” tutup Dewi Sundari.