NUSANTARA

Antisipasi PMK, Polres Padangsidimpuan Gencarkan Cek Kandang Ternak

×

Antisipasi PMK, Polres Padangsidimpuan Gencarkan Cek Kandang Ternak

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.comDalam rangka mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Kasat Binmas Polres Padangsidimpuan, AKP Sulhan Arifin Siregar, SH, bersama anggota melaksanakanan peninjauan sekaligus sosialisasi ke kandang ternak milik Zulkipli Siregar, di Jalan Raja Inal Siregar, Kelurahan Batunadua Jae, Kecamatan Batunadua, Kamis (7/7/2022) siang.

“Di kandang ternak tersebut, terdapat 23 ekor lembu yang 1 di antaranya betina. Rencananya, yang 22 ekor lembu jantan akan disembelih di Hari Raya Kurban,” ujar Kasat.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 23 ekor lembu tersebut, lanjut Kasat, semuanya dalam keadaan sehat dan terbebas dari PMK. Selain melakukan peninjauan, pihaknya berpesan ke pemilik ternak, jika membeli hewan dari luar Kota Padangsidimpuan agar dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

BACA JUGA:  Petani di Padangsidimpuan Temukan Orok Bayi Tersangkut Ranting Kayu di Parit

“Begitu juga bila ingin menjual hewan tetap harus dilengkapi dengan SKKH, terlebih lagi terhadap hewan yang hendak dikurbankan,” imbuh Kasat.

Pihaknya juga menyampaikan ke pemilik ternak, agar tetap waspada terhadap PMK terhadap hewan. Sebab, wabah tersebut dapat menular, apabila ada gejala pemilik ternak diharapkan secepatnya melaporkan ke dokter hewan ataupun Dinas Pertanian dan Peternakan setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *