NASIONALTNI POLRI

500 Pemuda Asal Sumatera Utara Ikuti Latihan Dasar Militer Komcad TA 2023

×

500 Pemuda Asal Sumatera Utara Ikuti Latihan Dasar Militer Komcad TA 2023

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, P. Siantar |

Sebanyak 500 pemuda asal Sumatera Utara mengikuti Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) TA 2023 melalui upacara yang digelar di Resimen Induk Kodam I/Bukit Barisan, Pematangsiantar, pada hari Senin (8/5/2023).

Upacara tersebut dipimpin oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi dan dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi militer dan sipil.

Dalam upacara tersebut, Pangdam I/BB membacakan amanat Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada 500 pemuda asal Sumatera Utara yang bergabung menjadi anggota Komponen Cadangan, yang terdiri dari 2.500 orang secara nasional yang lulus seleksi.

Pangdam I/BB juga menekankan bahwa pembentukan Komponen Cadangan merupakan salah satu penerapan strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang dianut Indonesia.

BACA JUGA:  Babinsa 14/Rtp Bantu Petani Garap Sawah

Sistem ini memungkinkan partisipasi seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komponen Cadangan merupakan subsistem pertahanan negara yang bersifat sukarela (voluntary) dengan rekrutmen melalui pendaftaran/aplikasi yang bersumber dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instansi/Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, pegawai BUMN/swasta, maupun warga lainnya.

Komponen ini harus dipersiapkan sejak dini agar dapat memperkuat dan memperbesar komponen utama TNI pada saat dibutuhkan.

Hingga tahun 2022 lalu, Kemhan RI telah berhasil memiliki Komponen Cadangan sebanyak 6.077 orang.

Di Tahun 2023 ini, Kemhan RI menambah jumlah Komponen Cadangan sebanyak 2.500 orang dari Matra Darat, Laut, dan Udara.

Komponen Cadangan Matra Darat terdiri dari Rindam I/BB 500 orang, Kodam XII/Mdk 300 orang, Kodam IX/Udy 500 orang, dan Kodam XVIII/Ksr 500 orang.

BACA JUGA:  Sambut HUT Ke-73 Kodam I/BB, Kodim 0309/Solok Gelar Baksos Donor Darah

Sedangkan, Komponen Cadangan Matra Laut dari Komando Pendidikan Marinir sebanyak 500 orang, dan Matra Udara dari Wingdik 800/Pasgat sebanyak 500 orang.

Dalam kesempatan itu, Pangdam I/BB mengajak seluruh anggota Komponen Cadangan untuk menunjukkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta berkontribusi dalam mempertahankan NKRI.