OLAHRAGA

Thailand Lolos ke Final Piala AFF U-19 2024 Usai Taklukkan Australia

×

Thailand Lolos ke Final Piala AFF U-19 2024 Usai Taklukkan Australia

Sebarkan artikel ini
Timnas Thailand U-19 melaju ke Final setelah bungkam Timnas Australia. (Dok. Bola.com)

Surabaya – Tim nasional Thailand berhasil melangkah ke final Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0, meskipun bermain dengan 10 pemain.

Laga semifinal yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Sabtu (27/7/2024) sore WIB, berjalan penuh drama.

Thailand membuka keunggulan di menit ke-13 melalui gol bunuh diri yang dilakukan bek Australia, Leonard.

Dalam sebuah insiden yang konyol, Leonard memberikan backpass kepada kiper Australia, Dylan. Namun, bola gagal dikontrol oleh Dylan dan justru masuk ke gawang sendiri, membuat Thailand memimpin 1-0.

Australia sempat mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-32 setelah penyerang mereka, Jake, dijatuhkan di kotak penalti oleh bek Thailand, Jirapol.

BACA JUGA:  Menpora Dito Saksikan Perjuangan Timnas Indonesia U-20 lawan Thailand U-20 di Gelora Bung Karno

Namun, setelah wasit meninjau tayangan ulang melalui Video Assistant Referee (VAR), penalti tersebut dibatalkan dan kartu kuning untuk Jirapol juga dianulir.

Hingga turun minum, Australia masih belum mampu mengejar ketertinggalan. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Thailand.

Memasuki babak kedua, Australia bermain lebih agresif untuk mengejar ketertinggalan. Namun, rapatnya pertahanan Thailand membuat upaya mereka sulit membuahkan hasil.

Drama semakin memuncak ketika Thailand harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-66.

Rapeephat Padthaisong menerima kartu kuning kedua dan diusir keluar lapangan. Meski demikian, Thailand mampu mempertahankan skor 1-0 hingga pertandingan usai, meskipun terus digempur oleh Australia yang unggul jumlah pemain.

BACA JUGA:  Defri Noval Pasaribu Puji Semangat Juang Timnas U-22 Raih Medali Emas

Kemenangan ini memastikan langkah Thailand ke final Piala AFF U-19 2024. Mereka kini menanti pemenang laga semifinal antara Indonesia dan Malaysia yang akan digelar pukul 19.00 WIB.

Thailand siap menghadapi siapapun lawan mereka di partai puncak untuk meraih gelar juara. (Tison Sembiring)