NUSANTARAOLAHRAGA

RS Adam Malik Siap Dukung PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan Layanan Medis Terbaik

×

RS Adam Malik Siap Dukung PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan Layanan Medis Terbaik

Sebarkan artikel ini

MEDAN – Rumah Sakit (RS) Adam Malik telah menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung penuh pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang akan berlangsung pada September 2024.

Sebagai rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan RI, RS Adam Malik dipercaya sebagai salah satu pusat rujukan utama di Sumatera Utara untuk penanganan medis selama acara olahraga terbesar di Indonesia ini.

Direktur Utama RS Adam Malik, dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K), menegaskan bahwa rumah sakit ini telah menyiapkan semua layanan medis yang dilengkapi dengan tenaga kesehatan terbaik, terutama di Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, dan layanan penunjang lainnya.

“Kami sudah menyiapkan layanan IGD, rawat inap, kamar bedah, dan layanan penunjang lainnya untuk seluruh atlet dan ofisial tim. Tentunya didukung oleh tenaga kesehatan terbaik, mulai dari dokter spesialis, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya,” ungkap dr Zainal dalam keterangan pers yang diterima mawartanews.com pada Sabtu (27/7).

BACA JUGA:  Kanwil DJP Sumut I: Penghargaan untuk Pejuang Pajak

RS Adam Malik juga akan menyediakan layanan khusus untuk para atlet dan ofisial tim, termasuk ruangan khusus di IGD dan kamar rawat inap di VIP serta kelas 1.

“Selama PON, kami menyiapkan satu tempat tidur khusus di IGD, serta kamar rawat inap di VIP dan kelas 1. Perawat khusus juga akan disiagakan di IGD dengan ID card petugas PON. Dokter onsite tetap akan ada di IGD,” jelas dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB(K)Onk FICS MHKes, Ketua Tim Kesehatan RS Adam Malik.

Selain itu, RS Adam Malik akan mengirimkan tim kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat ahli, teknisi medis, dan staf pendukung untuk bertugas langsung di lapangan selama pelaksanaan PON XXI.

BACA JUGA:  RS Adam Malik Lakukan Operasi Transplantasi Ginjal Ke-7, Selanjutnya Bisa Mandiri

“Ada sekitar 20-an orang yang akan kita siapkan, termasuk instruktur di lapangan, untuk bertugas di medical center. Ambulans VVIP juga kami siapkan untuk tamu-tamu khusus, seperti pejabat setingkat Menteri. Tim dan ambulans VVIP ini akan bekerja sama dengan tim lainnya di lapangan,” tambah dr Kamal.

RS Adam Malik memiliki pengalaman dalam menangani penanganan medis pada berbagai acara besar di Sumatera Utara, termasuk event internasional seperti F1 Powerboat dan Aquabike Jetski World Championship sejak 2023.

Rumah sakit ini juga selalu dipercaya sebagai tim kesehatan VVIP dalam setiap kunjungan kerja Presiden dan Wakil Presiden RI di Sumut.

Dengan semua persiapan ini, RS Adam Malik berkomitmen untuk memberikan pelayanan medis yang maksimal dan memastikan kesuksesan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. (Tison)