KRIMINALNUSANTARA

Rekonstruksi Kebakaran Rumah Wartawan Rico Sempurna Digelar Besok

×

Rekonstruksi Kebakaran Rumah Wartawan Rico Sempurna Digelar Besok

Sebarkan artikel ini
Bebas Ginting Als Bulang. (Foto: Istimewa).

MEDAN – Petugas kepolisian akan menggelar rekonstruksi kasus kebakaran rumah wartawan Rico Sempurna Pasaribu di Kabanjahe, Kabupaten Karo, pada Jumat (19/7/2024).

Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengungkapkan hal ini kepada wartawan pada Kamis (18/7/2024).

“Besok, hari Jumat akan kita lakukan rekonstruksi di lokasi,” ujar Agung Setya Imam Effendi.

Agung menjelaskan bahwa rekonstruksi ini bertujuan untuk menyinkronkan keterangan saksi dan tersangka dengan bukti-bukti di tempat kejadian perkara (TKP).

“Setelah rekonstruksi ini, kita akan membangun hipotesis baru untuk melihat unsur-unsur kesengajaan,” tambahnya.

Sebelumnya, satu unit rumah milik wartawan Rico Sempurna Pasaribu di Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, terbakar pada Kamis (27/6/2024) dinihari.

BACA JUGA:  Dukung Ketahanan Pangan, Polda Sumut Panen Perdana Jagung dan Cabai Merah

Peristiwa tragis ini mengakibatkan Rico Sempurna Pasaribu, istrinya Efrida Ginting, anaknya SP (12), dan cucunya LS (3), meninggal dunia.

Dalam kasus ini, kepolisian telah menetapkan tiga tersangka. Dua orang sebagai eksekutor, yaitu Rudi Apri Sembiring (RAS) dan Yunus Syahputra Tarigan (YST).

Otak pelaku diidentifikasi sebagai Bebas Ginting alias Bulang (62), yang merupakan residivis kasus pembunuhan dan mantan Ketua AMPI Tanah Karo. Bulang diketahui telah dua kali menjalani hukuman pidana kurungan.

Dengan dilakukannya rekonstruksi ini, diharapkan kasus ini dapat segera diselesaikan dan memberikan keadilan bagi keluarga korban.