BREAKING NEWSNUSANTARA

PPFB Gelar Diskusi On Line, Begini Harapan Pemuda NTT

×

PPFB Gelar Diskusi On Line, Begini Harapan Pemuda NTT

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, SAMARINDA|

Persatuan Pemuda Flobamora Belayan menggelar obrolan melalui on line. Mengangkat Tema Diskusi Online “Obrolan singkat inspiratif organisasi kepemudaan yang ada di Kalimantan Timur” turut diminati berbagai dari kalangan pemuda Nusa Tenggara Timur yang berada di kota Samarinda.

Dalam diskusi secara on line itu turut diikuti puluhan Pemuda Nusa Tenggara Timur, Mahasiswa Asal NTT dan ada lima pemantik Diskusi yang dipandu langsung oleh moderator Yosep R.W.R Lewar Sebagai anggota Gerakan Mudi muda Flores timur, Kamis (30/3/2023) kemarin.

Berikut beberapa pandangan dan harapan pematik saat diskusi on line berlangsung diantarnya menyebut :

harapan saya kedepannya agar rasa ego kedaerahan harus kita hilangkan, sehingga tidak mengulang permasalahan yang terjadi di masa lalu, pada saat kongres pemuda 1 pada tgl 30 April – 2 Mei 1926. Kongres ini tidak membuahkan hasil yang baik karena masi ada ego kedaerahan, sehingga tidak adanya persatuan.

“Harapan saya juga untuk pemuda NTT yang ada di Kalimantan Timur agar, jangan berpikir bagaimana membentuk organisasi pemuda NTT, tetapi berpikirlah bagaimana cara mempersatukan pikiran setiap organda NTT di kaltim untuk bergerak bersama, mengasa ujung tombak pikiran kita sehingga mampu menembus setiap permasalahan yang ada,” ujarnya Asto dari Ketua Bidang minat bakat ikatan mahasiswa Flobamora Samarinda.

Sementara, soyeph Jepri Selaku penanggung jawab sementara Persatuan Pemuda Flobomora Belayan menyebut berbicara tentang organisasi kepemudaan, tentunya kita bercermin pada masa lalu kita dimana pada tahun 1908 tepatnya pada tanggal 20 mei, terbentuknya sebuah organisasi pemuda yang dinamakan budi utomo.

BACA JUGA:  Dubes Fadjroel Kembali Raih Juara 2 Social Media Awards 2023 Kemenlu RI

Menurutnya, Budi utomo ini muncul karena para tokoh tokoh waktu itu ingin melakukan sebuah pergerakan pemuda untuk kemerdekaan bangsa kita Beliau juga menambahakan beberapa motivasi untuk anak muda NNT yg ada di Kalimantan Timur Serunya.

Sedangkan, Aloysius DuaLejab Atau yang akrab di sapa Ans Selaku perwakilan dari anggota Gerakan Mudi Muda Flores timur Samarinda, jangan hanya menjadi tangan atau bawahan yang bisa disuruh sana-sini Tetapi bagaimana jiwa anak muda yang memiliki banyak inspirasi menjadi seorang pemimpin sehingga inspirasi-inspirasi baru yang ada di dalam jiwa anak muda tersebut bisa dituangkan di lapangan terkhusus pada era iklan sekarang ini.

Menurutnya, dengan jiwa inspirasi dan jiwa semangat anak muda NTT bisa saja membawa sebuah perubahan jika dibarengi tekad dan tujuannya sama-sama berjalan sendiri memang berat tetapi jika kita berjalan bersama-sama semuanya terasa ringan.

“Jadi bagaimana kita harus menyatukan pola pikir untuk satu tekad dengan satu tujuan yang sama yaitu membawa perubahan demi NTT, jika berbicara organisasi anak muda NTT sudah banyak sekali berkecimpung di dalam dunia organisasi hal yang tak perlu diragukan lagi anak muda NTT banyak memunculkan ide-ide kreatif namun masih berjalan sendiri bagaimana kita sebagai regenerasi mempersatukan tujuan tekad dan pola pikir menurunkan ego untuk mencapai tujuan bersama yaitu memajukan nama NTT di mata Indonesia,” Ans Sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  Ini Pesan Wali Kota Tanjungbalai Kesejumlah Organisasi Sosial

Diskusi semakin seru, Ketua St .Yoseph Dumaring Yonnes Magong yang hadir dalam diskusi mengajak mari organisasi kepemudaan NTT Kalimantan timur bisa membangun komunikasi, relasi sehingga visi dan misi sebuah organisasi tercapai, berani membuka ruang dengan ruang lingkup yang luas demi kepentingan bersama serunya.

Senada dikatakan Yosep K.Lagam kita melihat dari sudut pandang berbagai organisasi Ntt yang ada di Samarinda sangat Lah banyak dan peran yang luar biasa perlu kita akui tampa di sadari orang-orang Ntt yang mempunyai jabatan dan kedudukan di organisasi sangat luar biasa  seperti menjadi ketua Bem kemudian Ketua Cipayung na’a ini yang perlu kita ketahui bersama bahwa kita tidak kala saing dengan yang lain,” pungkasnya Selaku Perwakilan Duta Damai Kaltim.

Adapun informasi yang dihimpun tujuan diskusi dari Persatuan Pemuda Flobomora Belayan ini yaitu untuk membangun anak Muda Yang ada di Kalimantan Timur sekaligus ini ada ajang Silaturahmi Kami dengan kawan – kawan anak Muda Ntt yang ada Di Kalimantan timur.