EKONOMINASIONAL

Pertamina Dorong Pemanfaatan Energi Hijau untuk Dukung Keberlanjutan di IKN

×

Pertamina Dorong Pemanfaatan Energi Hijau untuk Dukung Keberlanjutan di IKN

Sebarkan artikel ini
Pertamina manfaatkan energi hijau jargas. (Foto: Ist)

MAWARTANEWS.com, JAKARTA |

PT Pertamina (Persero) terus berupaya memimpin transisi energi di Indonesia dengan meningkatkan pemanfaatan energi hijau.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung keberlanjutan serta mencapai target Net Zero Emission (NZE) yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2060.

Dalam upaya ini, Pertamina mengembangkan portofolio inovasi yang akan diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan tujuan mewujudkan IKN sebagai ibu kota dunia yang berkelanjutan.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa Indonesia memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah, termasuk cadangan gas, energi nabati, serta solusi berbasis alam (Natural-Based Solution/NBS) yang ramah lingkungan dan rendah karbon.

“Saat ini kami memperdalam nature-based solution yang berpotensi menjadi salah satu sumber energi di IKN, mengingat luasnya kawasan hijau di IKN yang akan tetap dipertahankan untuk menjadi ekosistem berkelanjutan,” jelas Fadjar dalam keterangan persnya, Selasa (4/6).

BACA JUGA:  Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur di Sumut Aman

Pertamina, melalui Perusahaan Gas Negara, juga telah menyiapkan jaringan gas (jargas) di IKN. Pada tahap awal, jargas ini diharapkan dapat menjadi sumber energi bagi 166 tower perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 34 rumah tapak menteri yang berdomisili di IKN.

Lebih lanjut, Fadjar mengungkapkan bahwa peluang penggunaan energi baru terbarukan di IKN akan terus dikembangkan, terutama dengan adanya pusat riset dan inovasi berkelanjutan yang akan dibangun oleh Pertamina. (*/Son)