NASIONAL

Pemerhati Desak DPRD Sumut Lanjutkan Proyek Pembangunan Jalan Multiyears Rp2,7 Triliun

×

Pemerhati Desak DPRD Sumut Lanjutkan Proyek Pembangunan Jalan Multiyears Rp2,7 Triliun

Sebarkan artikel ini

MEDAN – Sejumlah pemerhati pembangunan jalan di Sumatera Utara (Sumut) mendatangi Ketua DPRD Sumut Dr. Sutarto MSi, Rabu (3/7/2024), di gedung dewan.

Mereka mendesak eksekutif dan legislatif untuk melanjutkan proyek pembangunan jalan dan jembatan yang dikerjakan secara multiyears senilai Rp2,7 triliun, khususnya proyek pembangunan Jalan Sejajar Medan – Tuntungan via Kutalimbaru – Sembaikan – Desa Jaranguda – Berastagi Karo.

“Proyek pembangunan jalan sejajar jurusan Medan – Tuntungan – Kutalimbaru – Dusun Sembaikan hingga tembus ke Desa Jaranguda – Berastagi Karo merupakan bagian dari paket proyek multiyears senilai Rp2,7 triliun. Dalam pengerjaan awal, jalan tersebut sudah tembus dengan status pengerasan,” ujar Taufan Agung Ginting.

BACA JUGA:  Atlet Judo Harap Kejuaraan Kapolri Cup Bisa Cetak Bibit yang Bertanding hingga Olimpiade

Namun, jalan yang diprogramkan untuk mengatasi kemacetan di jalur Medan – Berastagi tersebut belum bisa dilintasi kendaraan roda empat karena diperlukan pembangunan jembatan penghubung di perbatasan Deliserdang dengan Kabupaten Karo.

“Jalan alternatif ini sudah berulang kali ditinjau oleh Ketua DPRD Sumut semasa dijabat Drs. Baskami Ginting bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Dinas PUPR Sumut. Tapi setelah Baskami meninggal dan masa jabatan Edy Rahmayadi berakhir, proyek ini tampak terbengkalai,” tegas Taufan.