NASIONAL

Pasca Meninggalnya Pasian, Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna ; Kami Mohon Maaf Kepada Masyarakat .

×

Pasca Meninggalnya Pasian, Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna ; Kami Mohon Maaf Kepada Masyarakat .

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, KARO [ Pasca meninggalnya Surya Surbakti (65) warga Desa Selandi Baru Kecamatan Payung Kabupaten Karo Minggu 5/2/2024 kemaren di Puskesmas Payung masih meninggalkan teka-teki sejuta tanda tanya bagi masyarakat warga kecamatan payung.

” Kita sangat berharap adanya perbaikan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan kejadian kemarin harusnya dapat dijadikan pemerintah kabupaten karo sebagai tolak ukur betapa rendahnya kwalitas pelayanan yang dilakukan petugas kesehatan bagi masyarakat payung umumnya masyarakat Tanah Karo,”kata Tarigan warga Payung ,Selasa ( 6/2/2024).

Untuk menyikapi hal tersebut, masyarakat meminta kepada Bupati Karo supaya memanggil Kepala Dinas Kesehatan maupun Kepala Puskesmas Payung agar menegur mereka kalau bisa berikan tindakan tegas supaya tidak terjadi lagi hal yang sama di wilayah Kabupaten Karo ini khususnya dibidang kesehatan, ” ucap Riadi Bangun.

BACA JUGA:  ST Burhanuddin : Penegakan Hukum Yang Humanis Itu Memasyarakatkan Program Kejaksaan 

Sedangkan kepala dinas kesehatan drg. Irna safrina br sembiring MKes ketika dikonfirmasi wartawan menyesalkan kejadian pada hari minggu, 4 Januari yang lalu dimana salah seorang masyarakat meninggal disarana kesehatan pemerintah di Puskesmas Payung dan diberitakan bahwa tidak ada satupun petugas pada saat itu.

Dalam kejadian ini dapat saya sampaikan bahwasanya Puskesmas Payung tidak melayani 24 jam. Hanya untuk persalinan Payung melayani 24 jam. Jadwal ini juga sudah tertera di papan informasi puskesmas payung .Jadi pada saat kejadian tersebut Puskesmas Payung memang dalam keadaan tutup jadi memang tidak ada petugas yang jaga di puskesmas karena tidak ada pelayanan umum maupun layanan persalinan pada hari tersebut.

” pelayanan di Puskesmas Payung tidak 24 jam pelayanannya apa lagi hari Minggu, tapi walaupun bukan pelayanan 24 Jam, adanya selalu yang jaga Puskesmas itu, tapi entah kebetulan dia [ Petugas ] keluar, pas pula disitu datang masyarakat tersebut untuk melakukan pemeriksaan kesehatanya.

BACA JUGA:  Marthinus Hukom Resmi Menyandang Pangkat Komjen

Jadi saya minta kepada Kepala Puskesmas se-Kabupaten Karo khususnya Kepala Puskesmas Payung supaya tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimanakah peraturan untuk berobat ke Puskesmas, karena semua ada peraturan ,” ucap drg Irna Safrina br Sembiring.

Sementara Bupati Karo Cory S Sebayang melalui Kepala Dinas Kominfo Leonardo Surbakti ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, kami akan segera memberikan klarifikasi secara resmi agar masalah tersebut tidak menjadi bola liar sehingga masyarakat dapat memahami duduk persoalannya,” ucap Leonardo Surbakti . [ Surbakti  l