EKONOMINUSANTARAOTOMOTIF

Mengenal Warisan Sejarah Kota Medan: Peresmian Bus Wisata Gratis oleh Wali Kota

×

Mengenal Warisan Sejarah Kota Medan: Peresmian Bus Wisata Gratis oleh Wali Kota

Sebarkan artikel ini
Bus wisata Medan. (Foto: Dok. Istimewa)

MAWARTANEWS.com, MEDAN |

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meresmikan operasional bus wisata dari halaman depan Gedung CC Room ITS Kota Medan di Jalan Balai Kota Medan pada Kamis (4/4) sore.

Bus ini, yang mampu menampung 39 penumpang, merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang disumbangkan oleh PT Bank Sumut, dan dioperasikan secara gratis bagi seluruh masyarakat yang ingin menjelajahi tempat-tempat bersejarah di Kota Medan.

Sebelum peluncuran, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada PT Bank Sumut atas kerjasama yang erat dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan.

Ia mengakui bahwa bantuan ini sangat berarti dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kota Medan, khususnya pariwisata sejarah.

“Kerjasama antara Dishub Kota Medan dan PT Bank Sumut telah menghasilkan ide yang mendukung pariwisata di kota ini. Meskipun Medan tidak memiliki keindahan alam seperti pegunungan atau pantai, namun memiliki kekayaan sejarah yang menarik,” ujar Bobby Nasution.

Menurutnya, Kota Medan memiliki daya tarik wisata sejarah yang menceritakan asal usul Kota Medan yang juga merupakan cikal bakal Sumatera Utara.

BACA JUGA:  Bobby Nasution: Tidak Boleh Ada Larangan Beribadah dan Larangan Mendirikan Rumah Ibadah

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Medan berkomitmen untuk menyediakan fasilitas bagi semua masyarakat, baik lokal maupun turis yang berkunjung, untuk menikmati tempat-tempat bersejarah di Kota Medan.

“Diharapkan fasilitas ini akan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Medan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dirut PT Bank Sumut Babay Parid Wazdi berharap kehadiran bus wisata ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat untuk melihat tempat – tempat bersejarah yang ada di Kota Medan.

“Mudah – mudahan pemberian CSR ini berlanjut dan PT Bank Sumut siap mensupport pembangunan yang dilakukan di Kota Medan,” ujar Babay.

Sementara itu Kadishub Kota Medan Iswar Lubis dalam laporannya mengatakan, sebelumnya Dishub Kota Medan juga telah berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan pihak swasta sehingga dapat menghadirkan bus sekolah gratis di Kelurahan Belawan Sicanang serta bus listrik di Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor.

“Alhamdulillah hari ini dengan kolaborasi yang kita lakukan bersama PT Bank Sumut, kita dapat menghadirkan bus wisata yang akan dioperasikan di tempat – tempat bersejarah dan wisata yang ada di Kota Medan seperti Kantor Pos, Rahmat Galeri, Istana Maimun, Kolam Deli, Rumah Tjong A Fie maupun lainnya,” papar Iswar.

BACA JUGA:  Hadiri Penyerahan DIPA dan TKD, Bupati Sergai Sebut Digitalisasi Tingkatkan Efisiensi

Dikatakan Iswar, bus wisata ini akan dioperasikan secara reguler dan gratis yang akan diberangkatkan mulai dari depan Gedung CC Room ITS Kota Medan.

“Harapan kita dengan bantuan – bantuan seperti ini dari pihak ketiga, wisata di Kota Medan dapat kita majukan lagi sesuai dengan salah satu visi misi Bapak Wali Kota,” pungkasnya.

Sebelum peluncuran bus dilakukan, Dirut PT Bank Sumut Babay Parid Wajdi menyerahkan secara simbolis kunci bus wisata kepada Bobby Nasution disaksikan Wakil Wali Kota Medan Bobby Nasution, unsur Forkopimda Kota Medan, Sekda Wiriya Alrahman, asisten serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan bus dan Bobby Nasution beserta rombongan bersama anak yatim piatu mencoba bus wisata menuju Taman Sri Deli guna menutup Ramadan Fair 2024.