NASIONAL

Koperasi Pers Indonesia Siap Berkarya di 38 Provinsi untuk Kemajuan Media dan Wartawan

×

Koperasi Pers Indonesia Siap Berkarya di 38 Provinsi untuk Kemajuan Media dan Wartawan

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, MEDAN |

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang ke 76 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2023, pengelola Media/Pers bersama sejumlah komunitas wartawan dari berbagai media di tanah air bertekad untuk mencetuskan Badan Usaha Koperasi Pers Indonesia (KPI).

Penginisiasi pendirian Koperasi Pers Indonesia, Devis Karmoy, di Medan menjelaskan bahwa momentum Harkopnas ke 76 tahun ini, komunitas wartawan bersama para pimpinan Media massa cetak maupun online pun telah menentukan sikap untuk menghadir KPI sebagai langkah awal menuju kesejahteraannya.

“Seiring momentum Harkopnas yang ke 76 tahun ini, KPI (Koperasi Pers Indonesia) lahir dengan spirit ‘Mengabarkan Koperasi, Mewarnai Masa Depan’ sekaligus sebagai tagline Koperasi Pers Indonesia,” kata Devis Karmoy dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada awak media, Jumat 14 Juli 2023.

BACA JUGA:  Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Empat Yang Berlokasi Di Kaki Gunung Sinabung Terus Tingkatkan Kedisiplinan Siswa

Sebagai implementasinya, saat ini KPI mulai menjejaki para pimpinan media serta menjaring komunitas wartawan dari berbagai daerah di tanah air melalui Whatsapp Grup Koperasi Pers Indonesia.

“Secara normatif, kita juga mulai berkonsultasi dengan stakeholders terkait, menyiapkan syarat pendirian badan usaha Koperasi, menjaring calon anggota serta menyiapkan perangkat pendukung berdirinya Koperasi Pers Indonesia,” ujar Devis Karmoy yang Pemimpin Redaksi (Pemred) pemudaindonesia.com dan dailyklik.id.

Lanjut Devis Karmoy menyebutkan, bahwa kehadiran Koperasi Pers Indonesia diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perusahaan media online di daerah serta membantu meningkat kesejahteraan wartawan.

“Saya sangat optimis, apabila Koperasi Pers Indonesia ini berjalan nantinya dapat memperkuat ekonomi media lokal serta wartawannya,” sebut Devis.

KPI Optimis akan terbentuk di 38 (termasuk 4 provinsi baru di Papua) provinsi di Indonesia.

BACA JUGA:  Kolaborasi Moxa, FIFGROUP dengan JNE Express dan JNEI Hadirkan Layanan Pembiayaan Inklusif Bagi Masyarakat

“Saat ini sudah belasan wartawan dan pimpinan media yang bergabung melalui Whatsapp Grup dan telah kita rekam data calon Anggota tersebut,” ungkapnya.

“Kita berharap KPI memiliki anggota di 38 Provinsi di tanah air yang terdiri dari para wartawan dan Pemimpin Media. Dan tentu untuk kesinambungan, KPI akan bermitra dengan lembaga/kementerian terkait,” lanjutnya.

Selain Devis Karmoy yang mewakili perusahaan media online dailyklik.id, ada Annas Fitrah Akbar dan Lisbon DS masing masing mewakili Biuus.com serta pemudaindonesia.com yang berkantor di Jakarta, sedangkan Lisbon DS mewakili Surat Kabar Media Tipikor yang berkantor operasional di Medan.

Rencananya dalam waktu dekat KPI akan di deklarasi oleh para Pengurus dan calon Anggota secara hybrid. (*)