KRIMINAL

Kapolres dan Pj Bupati Batu Bara Musnahkan 2 Kg BB Narkotika Jenis Sabu

×

Kapolres dan Pj Bupati Batu Bara Musnahkan 2 Kg BB Narkotika Jenis Sabu

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com – BATU BARA |

Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bersama Pj Bupati Nizhamul memimpin pemusnahan barang bukti sabu-sabu sebanyak 2 kilogram, Selasa (19/3/24).

Dijelaskan AKBP Taufik brang bukti Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan dari tersangka Hari Yanto Sinaga (41), warga Dusun V Desa Danau Sijabut, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan dan Ricci (32) warga Huta II Nagori Teluk Lapian, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Minggu (7/1/24) sekira pukul 15.00 Wib di jalan umum Desa Perkebunan Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara.

Dari keduanya ditemukan dan disita 1 bungkus teh China ukuran besar berisi sabu diperkirakan seberat 1 kg. Dalam pengungkapan itu, polisi juga menyita 1 unit mobil Toyota Kijang BK 1297 YL, 2 HP dan 1 plastik pembungkus sabu.

BACA JUGA:  Empat Pelaku Percobaan Penculikan di Kemenangan Tani Berhasil Di Amankan Polisi

Sedangkan, satu tersangka lainnya ditangkap terpisah adalah Abu Bakar Syeh (38) warga Dusun Lam Beusoe, Desa Alue Rangan, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Kamis (1/2/24) sekira pukul 12.15 Wib di pinggir jalan Desa Perkebunan Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara.

Dalam penangkapan Abu Bakar, polisi meyita sabu seberat 1 kg yang diikatkan ke tubuh Abubakar menggunakan lakban hitam lalu ditutupi kaos hitam.

Pada kesempatan itu, Kapolres Taufiq Hidayat Thayeb mengulang kembali komitmennya untuk memberantas narkoba hingga ke akarnya.

“Akar dari semua kejahatan adalah narkoba. Bila orang telah kecanduan narkoba tentu untuk mendapatkan narkoba yang bersangkutan akan melakukan tindak kejahatan seperti pencurian dan sebagainya. Karena itu kita komitmen berantas narkoba hingga ke akarnya,” tegas mantan Kapolres Toba ini.

BACA JUGA:  Sat Reskrim Polres Labuhanbatu Ringkus 7 Pelaku Penganiaya Wartawan di Rantauprapat

Di tempat sama, Pj Bupati Nizhamul menyampaikan apresiasi atas kinerja Polres Batu Bara dan jajaran yang telah mengungkap kasus narkoba.

Nizhamul menyatakan, Pemkab akan terus mendukung upaya pemberantasan narkoba yang gencar dilakukan Polres Batu Bara.

Bahkan Nizhamul mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya bekerjasama dengan BNNK akan melakukan tes urin terhadap pejabat dan ASN Batu Bara.

“Membersihkan narkoba dari Kabupaten Batu Bara diawali membersihkan seluruh pejabat dan ASN bebas dari pengaruh narkoba,” tegasnya.

Sebelumnya pemusnahan dipandu oleh tim Labfor Polda Sumatera Utara dipimpin dr Supiani dengan melakukan pengujian barang bukti. Setelah pengujian, dr Supiani menyatakan barang bukti memang sabu atau amphetamine.(Amri Lubis).