TNI POLRI

Kapolda Sumut Pastikan Jembatan Wampu di Perbatasan Sumut-Aceh Siap Digunakan Jelang Mudik Lebaran

×

Kapolda Sumut Pastikan Jembatan Wampu di Perbatasan Sumut-Aceh Siap Digunakan Jelang Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, LANGKAT |

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, terus mengecek kondisi infrastruktur menjelang menghadapi situasi arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 di wilayah perbatasan Sumatera Utara.

Pantauan di lapangan, Rabu (12/4) sore, terlihat Irjen Panca meninjau Jembatan Wampu yang berada di Kabupaten Langkat. Jembatan Wampu yang dibangun ini berfungsi sebagai jembatan Jalan Lintas Medan-Banda Aceh.

“Dari hasil peninjau saya, Jembatan Wampu pada Minggu (16/4) mendatang sudah dapat dioperasionalkan dalam menghadapi arus mudik lebaran 2023. Jembatan merupakan akses jalur Medan-Banda Aceh dan sebaliknya,” katanya.

Panca mengungkapkan, pembangunan Jembatan Wampu yang dikerjakan pihak Kementerian PUPR RI diharapkan mampu mengatasi kepadatan volume kendaraan saat arus mudik di wilayah perbatasan Sumut-Aceh.

BACA JUGA:  Kapolda Sumut Dengar Arahan Presiden RI Saat Tinjau Pembangunan Kota Medan

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR RI yang telah menyelesaikan pembangunan jembatan ini sebelum arus mudik lebaran 2023 sehingga dapat dipergunakan khalayak umum,” ungkapnya sebelum dibangunnya Jembatan Wampu ini menjadi titik kemacetan saat perayaan hari besar di Kabupaten Langkat perbatasan Aceh.

“Tentunya dengan adanya Jembatan Wampu yang telah dibangun, kondisi akses jalur lalu lintas yang sebelumnya sempit kini menjadi lebar. Sehingga dapat mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas pada Idul Fitri 2023,” ujar Panca.

Kapoldasu menambahkan, telah mengundang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR membahas persiapan sarana infrastruktur menjelang lebaran Idul Fitri 2023.

Nantinya, Ditlantas Polda Sumut bersama Dishub, PUPR, untuk turun memetakan kondisi jalan dan perlintasan. Apabila ada jalan yang rusak menjelang lebaran 2023 sudah siap diperbaiki.

BACA JUGA:  Kapolda Sumut Pimpin Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gel-II T.A. 2022 di SPN Hinai

“Untuk akses Jalan Tol Dolok Merawan, Sinaksak (Siantar) serta Tol Indrapura (Langkat) diharapkan menjelang Idul Fitri 2023 sudah bisa digunakan,” pungkasnya.