BREAKING NEWS

Jauh Dari Target, Penerimaan pembayaran PBB Jadi Pertanyaan

×

Jauh Dari Target, Penerimaan pembayaran PBB Jadi Pertanyaan

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.COM, DELI SERDANG|

Terkait Pemkab Deli Serdang berhasil meningkatkan realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui program Gebyar Berhadiah.

Menjadi pertanyaan bagi segelintir masyarakat salah satunya dari Wakil Ketua KNPI Deli Serdang Amri yang mengatakan capaian dari PBB P-2 masih sangat jauh dari target untuk tahun 2024.

“Angka capaian saat ini yang kita ketahui berdasarkan data per 26 mei 2024 terhadap penerimaan PBB P-2 masih sangat jauh dari target penerimaan PBB tahun 2024, kita harus menyadari hal tersebut, karena saat ini sudah memasuki pertengahan tahun 2024 sedangkan capaian yang terkumpul per 26 mei 2024 masih sekitar 30,020,257,833 miliyar, jadi masih sangat jauh dari jumlah target penerimaan PBB P-2 tahun 2024 yang jumlahnya 574,937,181,720 miliyar” beber Amri saat ditemui disalah satu Warkop di Deli Serdang, Kamis,(06/06/2024).

Lanjut, Amri yang juga Ketua DPD APKLI Deli Serdang mengatakan hal tersebut bukan prestasi wah badan pendapatan daerah Deli Serdang.

“jadi menurut saya ini bukan prestasi yang wah per 26 mei masih sekitar 5,22 persen yang di terima oleh Bapenda Deli Serdang, ingat ini kan sudah pertengahan tahun 2024, pada intinya sebagai warga dan pelaku usaha kecil kami mendukung dan mengapresiasi kinerja PJ Bupati yang baru dan tim Pansus PAD DPRD Deli Serdang dalam berupaya melakukan percepatan pencapaian realisasi penerimaan pajak daerah khususnya pajak PBB P-2 di tahun 2024 ini”

Senada dengan amri mantan ketua PC. HIMMAH Deli Serdang mengatakan, Untuk kegiatan Gebyar berhadiah PBB P-2 yang infonya akan di laksanakan Jumat,(07/06) Maulana sangat mendukung program tersebut.

“Ya baguslah, itukan untuk pendorong penyemangat bagi masyarakat, yang menjadi pertanyaan apakah kegiatan tersebut sudah sejalan dengan pencapaian realisasi penerimaan PBB P-2 sesuai target yang seharusnya dan sumber Anggaran hadiahnya dari mana?..”

Maulana yang juga sekretaris PD GPA Deli Serdang juga meminta Bapak PJ Bupati segera mengevaluasi kinerja Kabanpenda juga bidang PBB.

Ditempat berbeda Kepala Bapenda Deli Serdang Salim melalui Kabid PBB juniser saat ditanya tentang gebyar pemberian hadiah untuk wajib pajak PBB P-2 apakah sejalan, Juniser mengatakan sudah sejalan dengan pencapaian.

“Sejalan dan salah satu Upaya percepatan pembayaran PBB terbukti jika kita bandingkan dengan realisasi tahun lalu pertanggal 31 mei total penerimaan 14,6M atau 2,68% di tahun ini pertanggal 31 mei 2024 senilai 73,6 M atau 12,80 %. Kenaikan hampir 5 kali lipat dan kondisi hari ini senilai 76M atau 13,22%” jelas Juniser saat di konfirmasi melalui Aplikasi WhatsApp. Kamis,06/06/2024).

Ketika disinggung dari mana sumber dana untuk hadiah yang akan dibagi kepemenang Gebyar berhadiah PBB P-2, Kabid PBB mengatakan dari Stakeholder atau seponsor.

“Dari stakeholder/sponsor seperti Bank Sumut, Bank Mandiri, Bank BRI” kata juniser

Terkait Desa disalah satu Kecamatan yang ada di Deli Serdang yang warganya ada yang belum menerima SPPT, Kabid PBB meminta kepada wartawan informasi terkait masalah tersebut.

“Mohon sebut desanya untuk kita konfirmasi ke kepala desa maupun camatnya untuk kebenaran dan jika ada akan kita cari tau apa kendalanya karena semua sppt PBB sudah diserahkan ke kecamatan”

Lebih lanjut, Kabid PBB Juniser mengatakan untuk merangsang dan meningkatkan animo wajib pajak untuk membayar pajak akan memberikan diskon 5% pembayaran pajak hingga 31 Mei 2024 dan untuk masyarakat wajib pajak yang jatuh tempo akan dikenakan denda 2% perbulan hingga maksimal 48%. (Lamhot Sinaga)

BACA JUGA:  Idul Fitri 2024, Konsumsi BBM Pertamina Meningkat Hingga 42% di Sumut