NUSANTARA

Hujan Lebat Picu Tanah Longsor di Tanah Datar, Bupati Apresiasi Kesigapan Petugas dan Masyarakat

×

Hujan Lebat Picu Tanah Longsor di Tanah Datar, Bupati Apresiasi Kesigapan Petugas dan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, BATUSANGKAR |

Hujan lebat yang mengguyur beberapa kawasan Kabupaten Tanah Datar pada Minggu (7/4/2024) sore menyebabkan tanah longsor terjadi di Nagari Andaleh Baruah Bukik, Kecamatan Sungayang.

Ruas jalan utama yang menghubungkan Batusangkar menuju Lintau Buo Utara, tepatnya di Kelok Aie, sempat terputus karena material longsor yang memenuhi badan jalan.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, yang kebetulan berada di Lintau Buo Utara untuk sebuah kegiatan, segera merespons informasi tersebut setelah menerima laporan dari Wali Nagari dan Wali Jorong sekitar pukul 17.30 WIB.

Dia langsung menghubungi BPBD untuk mengirimkan Satgas penanganan bencana.

Berkat kesigapan petugas dan gotong royong masyarakat, jalur tersebut dapat dilewati kembali meskipun masih dalam kondisi bergantian.

BACA JUGA:  6 Tahun Status Tersangka, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar : Masih Ada Yang Harus Dipenuhi

Bupati Eka Putra memberikan apresiasi kepada petugas dan masyarakat yang cepat tanggap dalam membersihkan material longsor.

Dia juga mengingatkan Camat, Wali Nagari, Wali Jorong, dan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan mengingat kondisi cuaca ekstrim belakangan ini.

“Dalam beberapa hari terakhir, hujan lebat telah memicu berbagai musibah seperti banjir bandang dan tanah longsor. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi rawan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Pemerintah Daerah siap siaga untuk memberikan bantuan dan dukungan,” ujar Bupati.

Dengan respon cepat dan kerjasama antara pemerintah daerah, petugas, dan masyarakat, diharapkan penanganan dampak bencana ini dapat dilakukan dengan efektif untuk memastikan keselamatan dan kelancaran akses masyarakat. (Atuk)

BACA JUGA:  Wabup Richi Aprian Turut Rokor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri Secara Virtual