NUSANTARA

Bupati Sergai Ingatkan Pentingnya Komitmen dan Integritas dalam Pengawasan Perizinan

×

Bupati Sergai Ingatkan Pentingnya Komitmen dan Integritas dalam Pengawasan Perizinan

Sebarkan artikel ini
Bupati Sergai H.Darma Wijaya Memberi kata Sambutan.

MEDAN – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Admin dan Pemegang Hak Akses Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, yang digelar di Hotel Alam, Medan, Jumat (19/7/2024).

Melalui sambutannya, Bupati Sergai menjelaskan pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko merupakan tahapan tindak lanjut pasca pemberian izin.

“Pelaksanaan pengawasan ini sebagai upaya memastikan pelaksanaan kegiatan usaha, perkembangan usaha dan realisasi penanaman modal serta pelaksanaan kewajiban lainnya melalui sistem Online Single Submission (OSS) terkoordinasi dengan baik antar pemegang hak akses, sehingga capaian realisasi investasi meningkat, serta diperoleh data penilaian yang lebih akurat,” jelas Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Darma Wijaya menyampaikan penanaman modal merupakan instrumen dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.

“Pelaksanaan penanaman modal itu diperlukan pengendalian dan pengawasan agar bisa terwujud daya tarik dan daya saing investasi serta kepatuhan para pelaku usaha terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Darma Wijaya.

BACA JUGA:  DPRD bersama Pemkab Sergai Koordinasi dengan PT. KAI Soal Pemasangan Palang Pintu

Dirinya menekankan jika Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas para admin dan pemegang hak akses dalam melaksanakan tugas. Menurutnya peran admin dan pemegang hak akses sangat vital dalam mewujudkan sistem pengawasan perizinan yang terintegrasi dan terkoordinasi serta efektif dan efisien.

“Oleh karena itu, saya menekankan pentingnya komitmen dan integritas dalam menjalankan tugas ini. Mari kita bersama-sama melalui bimbingan teknis ini, saya berharap seluruh peserta dapat memahami dengan baik mekanisme dan prosedur yang harus dilakukan, sehingga dapat mengoptimalkan pengawasan dan memastikan kepatuhan para pelaku usaha terhadap peraturan yang berlaku,” terangnya.

Melihat pentingnya Bimtek hari ini, Darma Wijaya mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik- baiknya.

“Seraplah ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh para narasumber, dan jangan ragu untuk bertanya serta berdiskusi. Saya percaya, dengan kompetensi yang meningkat kita dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan dunia usaha. Ini juga merupakan langkah nyata serta upaya kita dalam membangun Kaupaten Sergai yang “Maju Terus” (Mandiri, Sejahtera, dan Religius),” pungkasnya.

BACA JUGA:  Lantik 24 Kades, Bupati Bandung Sampaikan Hal ini

Sebelumnya dalam laporannya Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMP2TSP) Kabupaten Sergai Reza Firmansyah, ST, mengatakan Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman admin dan pemegang hak akses pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko. Selain itu, Bimtek ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan capaian realisasi Investasi di Kabupaten Sergai.

“Peserta kegiatan Bimtek ini berjumlah 40 orang, yang terdiri dari admin dan pemegang hak akses pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko di sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Sergai,” jabarnya.

Hadir dalam kegiatan ini 2 orang narasumber yaitu Randy Erlangga Lumban Tobing, S.Kom dan Rizki Pratama, SP.