NUSANTARA

Budaya yang Dilestarikan: Bupati Dairi Bangga atas Prestasi Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan

×

Budaya yang Dilestarikan: Bupati Dairi Bangga atas Prestasi Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, DAIRI |

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengungkapkan apresiasinya terhadap dedikasi Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan dan masyarakat Silalahi dalam melestarikan warisan budaya melalui Pesta Tugu Silahisabungan.

Dalam Pesta Budaya Luhutan Bolon Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Batu Raja Tahun 2023, Eddy Berutu menekankan pentingnya menjaga identitas budaya di tengah arus globalisasi.

“Keturunan Raja Silahisabungan mempertahankan kebanggaan identitasnya, sekaligus mengikuti perkembangan zaman. Pesta Partangiangan ini tidak hanya melestarikan adat dan tradisi, tetapi juga membangun warisan hidup yang bisa diwariskan, khususnya kepada generasi muda,” ujar Eddy Berutu dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/11).

Pesta Budaya tahun ini, dengan tema “Peliharalah Kasih Persaudaraan dalam ke Bhinnekaan,” menjadi daya tarik pariwisata berbasis budaya.

BACA JUGA:  Apresiasi Kinerja Kesatuan, Kapolresta Berikan Piagam Penghargaan bagi Personel Berprestasi

Bupati juga menyampaikan kesuksesan Silahisabungan sebagai tuan rumah Aquabike Internasional, menarik perhatian wisatawan dan memperkenalkan daerah tersebut secara global.

Eddy menambahkan, “Sebagai dukungan Pemerintah Kabupaten Dairi, kita akan mengusulkan agar kegiatan ini menjadi agenda tahunan nasional. Selain itu, kita akan mengembangkan sarana prasarana wisata Silahisabungan untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara.” (Son)