BREAKING NEWS

Advokat Marcos Confery Kaban SH: Perlu Tindakan Tegas untuk Cegah Kejahatan Jalanan

×

Advokat Marcos Confery Kaban SH: Perlu Tindakan Tegas untuk Cegah Kejahatan Jalanan

Sebarkan artikel ini

MAWARTANEWS.com, MEDAN |

Fenomena maraknya peristiwa begal di Kota Medan mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah praktisi hukum Kota Medan, Marcos Confery Kaban SH, yang menilai bahwa kejahatan jalanan harus segera ditindak dengan tegas, terutama karena telah banyak memakan korban.

“Tindakan kejahatan jalanan ini harus segera dicegah. Kami berharap agar Polri dengan program Presisinya dapat bergerak cepat dalam mencegah tindakan jalanan tersebut,” ucap Marcos Confery Kaban seusai gelar buka puasa bersama Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumut di Aryaduta Hotel, Selasa (18/4/2023).

Selain itu, menurut Marcos Confery Kaban, pencegahan kejahatan jalanan yang sering terjadi saat ini tak lepas dari peran keluarga.

BACA JUGA:  Mapolres Pelabuhan Belawan Dipimpin Kapolres Baru AKBP Josua Tampubolon

“Pendidikan di dalam keluarga dapat menjadi benteng awal untuk mencegah tindakan kriminal seperti geng motor dan lainnya. Karena pendidikan di rumah sangatlah berpengaruh penting memupuk akhlak yang baik,” ujarnya.

Marcos Confery Kaban juga menekankan pentingnya pembentukan kembali pos kamling di setiap lingkungan Kota Medan. Pasalnya, masyarakat setempat dapat membantu menjaga warga yang berada di luar lingkungan agar tidak menjadi korban kejahatan jalanan.

“Pos kamling juga dapat memupuk sifat gotong royong, toleransi, dan saling menjaga antarwarga sekitar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Marcos Confery Kaban menyoroti perlunya tindakan yang tegas dan terukur terhadap para pelaku kejahatan jalanan agar efek jerah atau rasa takut dapat terbentuk.

BACA JUGA:  Terpidana Korupsi Dana KJKS Diringkus Tim Tabur Kejagung

Sebab, beberapa waktu lalu, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara (PWI Sumut) menjadi korban begal di Simpang Amplas, Medan.

Marcos Confery Kaban berharap agar Kapolda Sumut dapat memberikan perintah atau tindakan yang tepat kepada personel dalam memberantas geng motor dan begal yang tidak memiliki hati nurani dan akal sehat lagi.

Ketua Forwakum Sumut, Aris Rinaldi Nasution, mengapresiasi pandangan Marcos dan setuju bahwa pencegahan kejahatan jalanan adalah masalah yang perlu diatasi bersama-sama.

“Setiap pihak perlu memberikan solusi untuk mencapai visi dan misi Walikota Medan, Bobby Nasution, yaitu menjadikan Kota Medan sebagai kota yang aman dan nyaman,” tutupnya.